Waspada, Bengkulu Endemi Penyakit Kaki Gajah

 

BENGKULfl-3U, PB – Penyakit kaki gajah merupakan jenis penyakit yang disebabkan oleh cacing filaria yang ditularkan melalui berbagai macam jenis nyamuk. Gejala yang umum terjadi adalah membesarnya tungkai bawah kaki dan kantung zakar.

Di Provinsi Bengkulu sendiri terdapat beberapa daerah yang kabupaten yang mengalami endemi penyakit kaki gajah diantaranya Kabupaten Mukomuko dan Bengkulu Utara.

“Penderita kaki gajah itu ada sekitar 50 orang, tapi kalau angka yang sudah terinfeksi penyakit ini sudah mecapai 3 persen dari penduduk Bengkulu. Tersebar hampir diseluruh kabupaten seperti Bengkulu Utara dan Mukomuko,” kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu, Amin Kurnia Kepada Pedoman Bengkulu, Senin (05/10/2015).

Lanjut Amin, pihaknya sudah melakukan pengobatan massal secara gratis terkait penyebaran penyakit kaki gajah.

“Kita menyiapkan obat-obatan secukupnya sebanyak jumlah penduduk yang mengalami endemi penyakit kaki gajah. Karena sifatnya pengobatan massal baik yang positif maupun yang negatif terinfeksi penyakit kaki gajah akan tetap diobati guna mengantisipasi penyebaran tersebut,” jelasnya.

Amin menambahkan, penyakit kaki gajah tidak menyebabkan kematian, tapi menurutnya penyakit ini cukup berbahaya sebab membutuhkan waktu yang lama dalam pengobatan.

“Kaki gajah ini sebenarnya tidakĀ  menyebabkan kematian, tapi bila terinfeksi akan memakan waktu yang lama. Penularannya melalui penggigitan nyamuk yang membawa mikro filaria kemudian larva kaki gajah itu masuk ke dalam tubuh orang-orang yang sehat. Kasus akutnya nanti dalam bentuk kakinya membengkak,” tutup Amin. (Muammarsyarif)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait