Rasa Manis Yang Menyehatkan Dari Buah Jeruk

Ilustrasi

Ilustrasi

Buah jeruk yang memiliki rasa manis dan empuk ini sangat digemari oleh masyarakat nusantara. Jeruk bahkan menjadi tanaman buah favorit yang dengan mudah dijumpai di pekarangan rumah masyarakat.
Meskipun demikian tak banyak masyarakat yang menyadari manfaatnya. Dengan mudah Anda menemukan banyak masyarakat setelah mengkonsumsi isi buahnya, lalu membuang begitu saja kulit jeruk. Padahal, baik kulit, biji dan isinya sangat berguna bagi kesehatan.
Buah ini mengandung lebih dari 60 senyawa flavonoid dan lebih dari 170 fitonutrien yang berbeda pula. Senyawa-senyawa ini sangat membantu proses penyembuhan, kesehatan sistem pencernaan, dan sebagainya.
Masyarakat mengetahui bahwa buah jeruk adalah salah satu sumber vitamin C yang baik untuk tubuh, namun manfaat lainnya belum begitu banyak diketahui. Penasaran ingin tahu apa saja manfaatnya? Berikut ini manfaat jeruk bagi kesehatan:
1. Meningkatkan imunitas
Vitamin C yang ditemukan dalam buah jeruk dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga mempersulit tumbuhnya penyakit yang masuk ke dalam tubuh. Fungsi vitamin C merangsang produksi sel darah putih untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda.
2. Menjaga kesehatan pernapasan
Penemuan oleh Cancer Epidemiology Biomarkers and Prevention (2003) mengungkapkan kandungan karotenoid yang disebut beta-cryptoxanthin dalam buah jeruk dapat menjaga kesehatan pernapasan dan bahkan mengurangi risiko kanker paru-paru sebesar 27 persen.
3. Mencegah kerusakan sel-sel dari radikal bebas
Bagi anda yang ingin mendapatkan kulit sehat maka mengkonsumsi buah jeruk dapat menjadi pilihan. Buah jeruk mengandung beta-carotene yang berguna sebagai antioksidan yang mencegah kerusakan sel-sel dan penuaan kulit akibat radikal bebas.
3. Mencegah kanker
Sebuah penelitian di Australia menemukan bahwa jeruk dapat mengurangi risiko kanker kulit, perut, paru-paru, payudara, mulut, serta kanker laring. Ini dikarenakan buah jeruk mengandung senyawa D-limonene yang baik untuk mencegah kanker tersebut.
4. Menjaga kesehatan sistem pencernaan
Buah jeruk menawarkan serat yang dapat mendukung kesehatan sistem pencernaan dan dapat proses penurunan berat badan dengan cara menyeimbangkan metabolisme tubuh.
5. Mempertahankan keseimbangan gula darah
Manfaat yang satu ini mungkin sangat jarang diketahui kalau kandungan Frukosa alami dalam buah jeruk diyakini dapat membantu mengatur level gula darah bagi orang yang menderita diabetes.
6. Menurunkan tekanan darah dan mencegah osteoporosis
Buah jeruk merupakan sumber kalium (postasium) yang baik bagi tubuh. Kalium membantu menurunkan tekanan darah dan mendukung kesehatan jantung secara keseluruhan, serta menjaga kepadatan tulang dan mengurangi resiko penyakit tulang seperti osteoporosis.
7. Menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh
Bagi anda yang bermasalah dengan kadar kolersterol yang tinggi, maka mengkonsumsi jeruk merupakan salah satu solusi yang dapat diambil. Buah jeruk mengandung Hesperidin dan Pectin. Kedua zat tersebut sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh
8. Sebagai anti-inflamasi
Kasus peradangan yang banyak diderita dapat menyebabkan sakit jantung, arthis, dan peradangan lainnya. Untuk diketahui, jeruk bisa berperan dalam mengurangi peradangan berkat kandungan hesperidin dalam buah jeruk.
9. Mengurangi sakit radang sendi
Mengkonsumsi buah jeruk merupakan alternatif yang dapat diambil oleh mereka yang sering berolahraga dan latihan fisik lainnya. Ini dikarenakan buah jeruk terbukti dapat mengurangi radang pada sendi atau kekakuan pada otot.
10. Membantu perkembangan otak.
Tidak banyak yang mengetahui jika kandungan asam folat dalam buah jeruk berguna untuk membantu perkembangan otak.
11. Melawan infeksi virus
Penelitian membuktikan kalau kadar polyphenol dalam buah jeruk mampu melawan infeksi virus yang menyerang tubuh. Bahkan dapat mencegah stres oksidatif yang dialami tubuh.
12. Menyehatkan mata
Komponen carotenoid pada buah jeruk yang diubah menjadi vitamin A bersifat seperti wortel. Jika dikonsumsi, kesehatan mata akan tetap terjaga dan mengurangi risiko katarak.
13. Menetralkan keasaman tubuh
Meskipun jeruk bersifat asam sebelum dikonsumsi, ternyata buah yang satu ini punya khasiat menyeimbangkan kadar keasaman dalam tubuh karena kadar glikemik-nya yang rendah. Cocok bagi mereka yang diet karena termasuk sumber karbohidrat sehat.
14. Membangkitkan perasaan semangat
Manfaat yang satu ini anda bisa dapatkan dari kulit jeruk. Bagi anda yang bisa mengkonsumsinya maka kandungan dalam kulit jeruk dapat membuat anda bersemangat. Tentunya dikonsumsi dengan resep tertentu.
15. Manfaat bagi wajah dan rambut
Kulit jeruk punya berbagai macam manfaat bagi tubuh anda seperti mengusir jerwat, komedo, dan mengecilkan pori-pori pada wajah. Selain itu, kulit jeruk dapat juga digunakan sebagai pengganti shampo dengan cara dihaluskan dan direndam semalaman.
16. Manfaat bagi pencernaan, sakit kepala, dan asma.
Untuk masalah seperti mual dan muntah mak kulit jeruk bisa jadi solusi. Kulit jeruk bisa digunakan sebagai aromaterapi yang menangani sakit kepala, depresi, bahkan memulihkan mabuk. Kulit Jeruk juga membantu menghilangkan dahak dan menyembuhkan asma.
17. Menghasilkan udara segara
Untuk mendapatkan aroma alami dan segar maka tips yang satu ini dapat anda buat. Rebus beberapa kulit jeruk kering, kayu manis, dan kapulaga. Aromanya akan menyegarkan pikiran dan udara di rumah anda.
Sudah tahukan manfaat mengkonsumsi buah jeruk, agar bertambah nikmat anda dapat menyajikkannya dalam bentuk jus dan mengkonsumsinya secara rutin duakali sehari saat pagi hari dan sore hari. Selain keuntungan menikmati rasa manis buah jeruk, Anda sekaligus mendapatkan manfaat kesehatannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait