Buah Manggis Pengobat Asam Urat

Manfaat-Jus-Kulit-ManggisBagi anda yang telah menginjak usia senja maka anda mesti waspada terhaap penyakit ini. Sebab bagi anda yang terkena asam urat bisa meradang menahan ras sakit dan ngilu. Bagian-bagian persendian terutama sendi jari kaki, jari tangan, tumit, dengkul, siku, dan pergelangan tangan akan terasa nyeri dan sakit ketika penyakit ini menyerang. Bagian sendi yang diserang akan tampak bengkak dan meradang, yang bisa membuat penderitanya tidak dapat berjalan karena rasa sakit. Tulang sekitar sendi juga dapat keropos karena mengalami pengapuran tulang.
Penyakit asam urat ini diakibatkan oleh konsumsi zat purin secara berlebihan. Dalam tubuh semua orang pasti terdapat zat purin, namun ada yang normal dan ada juga yang berlebih. Untuk kadar asam urat normal pada pria berkisar 3,5 hingga 7 mg/dl dan pada wanita 2,6 – 6 mg/dl. Tetapi jika purin dikonsumsi berlebihan maka bisa terjadi dampak asam urat.
Ini terjadi karena banyak masyarakat yang kurang memahami bahwa pola konsumsi sangat berpengaruh pada timbulnya penyakit ini. Saat purin dalam jumlah banyak masuk dalam tubuh, kemudian melalui metabolisme berubah menjadi asam urat, maka terjadi peningkatan kadar asam urat dalam tubuh, sehingga ginjal kita tidak mampu untuk membuang kelebihan asam urat. Banyaknya kristal asam urat yang berlebih menumpuk di prsendian, akibatnya sendi kita terasa nyeri, membengkak, meradang, panas dan kaku.
Bagi penderita asam urat tersebut memang sangat tidak menyenangkan karena tidak bisa sembarang mengkonsumsi makanan, seperti seperti jeroan, seafood, ekstrak daging abon dan dendeng, kornet sapi, sarden, daging kambing, daging sapi, daging kuda, bebek, angsa dan kalkun, kacang-kacangan, sayuran kembang kol, bayam, asparagus, buncis, jamur kuping, daun singkong, daun pepaya, kangkung, keju, telur, krim, es krim, buah durian, nanas, air kelapa, bahkan makanan gorengan dan bersantan lainnya.
Parahnya lagi, apabila penyakit asam urat tidak segera diobati maka bisa berkembang menjadi penyakit batu ginjal dan akhirnya bisa mengakibatkan gagal ginjal.
Meskipun banyak makanan yang jadi pantangan tapi anda tidak perlu khawatir karena anda cukup memilih makanan mana yang banyak mengadung potasium tinggi seperti kentang, yoghurt, dan pisang. Konsumsi juga buah yang banyak mengandung vitamin C, konsumsi karbohidrat seperti nasi, singkong dan roti, tapi kurangi konsumsi karbohidrat sederhana jenis fruktosa seperti gula, permen, arum manis, gulali dan sirup.
Yang tak kalah penting, penderita asam urat harus banyak minum air putih karena sangat membantu ginjal untuk mengeluarkan kristal asam urat dari dalam tubuh melalui urine.
Selain itu, perbanyaklah mengkonsumsi makanan yang mengadung basah seperti cuka madu karena akan sangat membantu menetralkan asam tubuh dan membantu mempermudah ginjal dalam mengeluarkan asam urat dan sangat baik menghancurkan kristal-kristal asam urat.
Perbanyak juga mengkonsumsi vitamin C, karena vitamin C dapat membantu mengurangi kadar asam urat dalam tubuh. Konsumsi vitamin C 1000mg/jam pada awal serangan nyeri akibat asam urat. Setelah itu 500-300mg / hari sebagai langkah pencegahan.
Meskipun penyakit asam urat tergolong berat anda yang menjadi penderita tak perlu khawatir karena banyak obat yang sudah teruji berkhasiat baik obatan medis maupun tradisionil. Salahsatu pilihan pengobatan yang aman dan khasiat adalah pengobatan tradisionil dan dibantu dengan konsumsi ekstrat buah-buahan, salahsatunya adalah buah manggis.
Buah manggis kaya akan vitamin B1, B2 dan C, serta kalsium, potassium dan sodiumdan zat besi. Manggis juga mengandung xanthone, mangostin, garsinon, flavonoid, epicatechin, spingomyolinase dan gartanin.
Kandungan xanthone yang tinggi sebanyak 123,97 mg/ml) dalam kulit buah manggis sehingga mampu membunuh penyakit dan memperbaiki sel yang telah rusak serta melindungi sel–sel di dalam tubuh.
Xanthone adalah substansi kimia alami yang tergolong senyawa polyhenolic yang dapat digunakan sebagai zat untuk mengatasi berbagai penyakit, bahkan memiliki manfaat sebagai pengobatan untuk penyakit jantung, aterosklorosis (plak di pembuluh darah), hipertensi dan trombosis. Jadi tunggu apalagi, menikmati buah manggis sangat bermanfaat bagi kesehatan anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait