7 Manfaat Buah Sirsak Bagi Tubuh Anda

buah-sirsak

Buah sirsak yang diberi nama latin Annona muricata L, adalah buah jenis tropis, jadi buah ini tumbuh subur di daratan Asia Tenggara.

Tanaman Sirsak sering kita jumpai di halaman kita. Peminat buah sirsak cukup banyak di Bengkulu. Buahnya sering jadi pilihan minuman jus. Hampir di setiap pedagang jus buah menawarkannya.

Daunnya pun sangat diminati untuk pengobatan tradisional yang banyak digunakan masyarakat di daerah Bengkulu Selatan, Bengkulu Tengah, Bengkulu Utara, Kaur, Kepahiang, Lebong, Mukomuko, Rejang Lebong, Seluma, dan Bengkulu.

Bagi anda yang suka mengkonsumsi buah sirsak, tentunya sangat bermanfaat bagi kesehatan anda. Banyak penelitian mengungkapkan manfaatnya, baik manfaat kulitnya, daun, akar, dan buahnya yang dapat menjadi herbal tradisional.

Berikut kandungan senyawa buah sirsak bagi kesehatan anda:

Serat

Sirsak mengandung banyak serat untuk memfasilitasi gerakan pencernaan dan usus, dan dapat membantu mengontrol kadar kolesterol. Selain itu, buah ini juga dapat membantu Anda mengontrol nafsu makan dan kontrol berat badan.

Karbohidrat

Secangkir sirsak mengandung karbohidrat hampir 38 gram, yang merupakan sumber energi utama tubuh. Asupan karbohidrat harian Anda harus mencapai 45-65 persen dari kalori tubuh, yaitu 225-325 gram per hari untuk diet 2.000 kalori. Selain itu, jenis karbohidrat yang terkandung dalam buah yang jauh lebih sehat dari yang ditemukan dalam soda atau kue, karena dapat memicu kenaikan gula darah.

Kalium

Sirsak merupakan makanan sehat yang dapat meningkatkan asupan kalium untuk tubuh Anda. Kalium sangat penting bagi tubuh karena membantu otot-otot, tulang kontraksi, pencernaan dan mengatur tingkat tekanan darah yang sehat.

Vitamin C

Buah sirsak sangat kaya akan vitamin C. Perempuan harus memenuhi asupan 75 mg vitamin C per hari, sedangkan lelaki sekitar 90 mg per hari. Vitamin C berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh dan membantu tubuh melawan penyakit, termasuk kerusakan kulit, dan menyembuhkan luka. Selain itu, vitamin C juga dianggap sebagai antioksidan yang bisa melawan kerusakan akibat radikal bebas.

Air

Secangkir sirsak mengandung hampir 183 gram air. Menurut MayoClinic.com, kebanyakan orang perlu 8-9 gelas air setiap hari. Buah dengan kadar air yang tinggi, termasuk sirsak, dapat membantu mencegah dehidrasi.

Fosfor dan Kalsium

Mineral yang cukup dominan adalah fosfor dan kalsium, masing-masing sebesar 27 dan 14 mg per 100 gram buah sirsak. Kedua mineral tersebut penting untuk pembentukan massa tulang, sehingga berguna untuk membentuk tulang yang kuat serta menghambat osteoporosis.

Lemak

Buah sirsak mengandung sangat sedikit lemak (0,3 g/100 g), sehingga sangat baik untuk kesehatan. Rasa asam pada sirsak berasal dari asam organik non volatil, terutama asam malat, asam sitrat, dan asam isositrat. (Yuyun Sundari)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait