Kota Bengkulu Berketahanan Nasional

Wali Kota Sematkan CincinBENGKULU, PB – Setelah sebelumnya sempat mengunjungi beberapa kabupaten di Provinsi Bengkulu, Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas) mengunjungi Kota Bengkulu.

“Tujuan kedatangan kami ke Kota Bengkulu adalah untuk mendapatkan informasi riil sebanyak-banyaknya khususnya terkait dengan kondisi ketahanan nasional yang di dalamnya meliputi aspek, politik, hukum, ekonomi, sosial budaya, pertahanan, keamanan, dan ketertiban umum. Ini bagian dari program Dewan Ketahanan Nasional RI dalam bidang pengkajian daerah, khususnya di Kota/Kabupaten di Provinsi Bengkulu,” ungkap Sekretaris Jenderal Wantanas Letjen TNI Waris saat acara ramah tamah dengan Pemerintah Kota Bengkulu di Balai Kota Bengkulu, Kamis malam (1/10/2015).

Dalam sambutannya Letjen TNI Waris mengajak pemerintah dan masyarakat untuk menekankan pentingnya menjaga kerukunan antar umat beragama sebagai salah satu aset penting yang harus tetap dipertahankan.

“Semua pihak diharapkan dapat menciptakan suasana yang terus kondusif. Jangan sampai kita terpecah belah,” ajaknya.

Sementara itu, Wali Kota Helmi Hasan dalam sambutannya memaparkan terkait sejarah bangsa ini, Bengkulu memiliki peran yang besar dalam sejarah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Hal ini diantaranya dapat dilihat dari sejarah bendera Merah Putih yang dijahit oleh Ibu Fatmawati, seorang perempuan tangguh asal Bengkulu yang setia mendampingi Bung Karno baik pada masa prakemerdekaan dan pascakemerdekaan.

Helmi dalam kesempatan itu juga menyampaikan bahwa kondisi ketahanan dalam berbagai aspek di Kota Bengkulu berjalan dengan baik. Hal ini ditandai dengan baik dan harmonisnya hubungan komunikasi dan koordinasi antara Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kota Bengkulu.

“Kami meyakini, dengan baiknya hubungan komunikasi dan koordinasi FKPD beserta masyarakat, kota ini akan jauh dari berbagai permasalahan dan perpecahan,” ujarnya.

Terkait program pembangunan, Helmi terus mengungkapkan bahwa niat baik dan tulus Pemerintah Kota Bengkulu dalam membangun infrastruktur terus dilakukan secara bertahap. Hal ini dilakukan demi memberikan pembangunan yang berkeadilan bagi seluruh masyarakat di Kota Bengkulu.

“Semua program telah dilaksanakan, seperti Dana Bergulir Samisake, pembangunan infrastruktur jalan, serta yang terbaru program beras kota peduli yang akan segera kita lakukan. Namun untuk menjalankan program itu memerlukan waktu yang panjang dan bertahap. Tapi pemerintah tetap optimis untuk memberikan yang terbaik kepada masyarakat Kota Bengkulu,” ujarnya.

Selain dihadiri Sekretaris Jenderal Wantannas, acara ramah tamah tersebut juga dihadiri Deputi Sistem Nasional Mayjen TNI Tahan SL Toruan, Deputi Pengembangan Marsda TNI Sugihardjo, Bandep Politik Nasional Depolstra Brigjen Pol Iwan Hari Sugiharto, Bandep Infolahta Desisnas, Brigjen TNI (K) Ucu S Soepia, Plt Analis Kepegawaian
Pelaksana Tugas Subbag TU Kepegawaian Biro Umum, Reno Ardiansyah.

Untuk diketahui, Dewan Ketahanan Nasional adalah lembaga nonstruktural yang mempunyai tugas membantu Presiden dalam menyelenggarakan pembinaan ketahanan nasional guna menjamin pencapaian tujuan dan kepentingan nasional Indonesia. [rilis/rudra/bis]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait