Bupati Panen Raya Jagung Manis di Air Tipis

bahaya rokokBENGKULU SELATAN. Bupati Bengkulu Selatan H. Reskan E Awaluddin Pagi tadi membuka dan melakukan panen raya jagung manis “ Master Sweet” di Kecamatan Air Nipis.

Dalam kesempatan tersebut, camat Air Nipis Supran, SH sedikit menyampaikan informasi tentang fotensi perkebunan jagung manis terutama di kecamatan Air Nipis. Dalam satu (1) hektar lahan sawah dapat menghasilkan 18 ton jagung manis dan untuk kecamatan Air Nipis dalam satu bulan dapat mencapai 5 hektar lahan yang siap panen.

Sedangkan untuk pemasaran menurut pak camat untuk saat ini tidak ada masalah karena sebelum panen suda ada agen/ toke yang memborongnya.

Berdasarkan pengalaman yang telah dijalani oleh salah seorang petani jagung manis bapak Sa’in, bahwa menanam jagung masis lebih menjanjikan disbanding menanam padi namun dia tetap menyeimbangkan antara bertanam padi dan bertanam jagung manis. Dalam satu tahun dia bias menanam dua kali jagung manis dan satu kali bertanam padi.

Dalam analisa pak Sa’in, untuk menanam jagung manis dalam satu hektar lahan membutuhkan dana 7-8 juta rupiah dengan peruntukan :Bibit, Pestisida, Pupuk dan Operasional. Sedangkan hasil yang pernah dicapai dalam satu hektar yaitu 14 ton kalau dihitung dengan uang maka menghasilkan lebih kurang 30.000.000,- (tiga puluh juta rupiah). Lama antara jarak tanam dengan panen adalah 80 hari.

Bapak Bupati dalam arahannya menyambut baik dan antusias dengan prospek penanaman jagung manis ini, beliau berharap kedepan hal ini terus digalakkan. Selain jagung manis, Bapak Bupati juga menganjurkan masyarakat untuk mulai beternak sapi karena menurutnya prospek peternakan sapi kedepan sangat menjanjikan. Tak ketinggalan Bupati juga menyampaikan kegembiraan atas berfungsinya jaringan interkoneksi yang mana dengan berfungsinya jaringan interkoneksi maka berahir pula krisis listrik di bumi Sekundang Setungguan. (Sumber: Humas/bengkuluselatankab.go.id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait